Langsung ke konten utama

Wawancara dengan penulis buku "Naikkan suhu badan untuk jadi sehat"

Berapa suhu tubuh anda?

Tahukah anda bahwa jika suhu tubuh turun 1 derajat, daya tahan (imunitas) tubuh turun 30%?

Jika daya tahan tubuh menurun, bukan hanya anda akan mudah terkena flu, tapi juga terkena hal-hal berikut ini: stress, kegagalan diet, depresi, kanker... Anda perlu membaca buku  "Naikkan suhu badan untuk jadi sehat" (Taion wo ageru to kenko ni naru), karangan Masashi Saito, M.D. ini.

Berikut ini adalah wawancara dengan penulis buku ini.

Pewawancara (Q): Seperti tertulis di buku ini, saya sebenarnya bersuhu tubuh rendah. Akhir-akhir ini berbagai bagian badan saya rasanya tidak fit. Setelah saya baca buku anda, saya menjadi mengerti, dan memulai memperbaiki pola hidup saya. Tadinya saya pikir hanya saya saja yang bersuhu tubuh rendah, ternyata memang banyak orang yang sekarang bersuhu tubuh rendah ya?

Saito Masashi (A): Beberapa tahun belakangan ini, seakan-akan mencerminkan kondisi masyarakat yang stress, saya perhatikan banyak sekali orang bersuhu tubuh rendah. Suhu tubuh rendah didefinisikan sebagai suhu tubuh dibawah 36.2 derajat celcius. Suhu tubuh normal manusia sebenarnya adalah 36.8 +/- 0.3-0.4 derajat celcius. Dengan demikian suhu tubuh seharusnya perlu diatas 36.5 derajat, namun jumlah orang bersuhu tubuh dibawah 36.2 derajat sekarang meningkat. Bahkan banyak orang bersuhu tubuh 35-an derajat. Selama 3 tahun saya praktek di Tameike-sanno Clinic (Tokyo, Jepang), 95% dari hampir 12000 pasien yang saya periksa setiap tahun adalah pasien bersuhu tubuh rendah.

Tentu saja, orang yang datang ke klinik tersebut adalah orang yang menderita berbagai penyakit seperti kanker, tumor otak, cerebral vascular disorder (CVD) dan lain sebagainya, jadi sampel saya adalah sampel dari lingkungan yang khusus. Namun, dari antara mereka, yang suhu badannya termasuk paling tinggi pun hanya sekitar 36.2 derajat. Ini menunjukkan bahwa banyak orang sakit yang bersuhu tubuh rendah. Bahkan orang yang tidak sakitpun rata-rata suhu badannya menurun.

Menurut data sekitar 50 tahun lalu yaitu tahun 1950an, dibandingkan tahun 2009, suhu badan orang Jepang tahun 1950an adalah 36.6 hingga 36.9 derajat. Sekarang, suhu badan orang Jepang rata-rata sekitar 36.2 derajat.

Mengapa sampai terjadi seperti ini? Ada beberapa alasan, tetapi alasan utama mengapa suhu badan menurun adalah menurunnya dengan tajam jumlah gerak badan. Tahun 1950an adalah masa setelah perang dunia, seperti yang anda bisa bayangkan, misalnya wanita saja saat itu biasanya bekerja di ladang dan di tempat-tempat lain sambil menggendong anak, jadi jumlah gerak badan dalam sehari sangat tinggi. Dengan demikian saat itu tidak ada masalah wanita kekurangan otot. Tentu saja dulu juga hidup itu berat karena kurangnya bahan pangan dan lainnya, tetapi beratnya hidup jaman itu dengan jaman sekarang berbeda. Otot adalah organ tubuh penghasil panas terbesar sehingga jika otot berkurang, suhu tubuh menurun. Menurunnya jumlah gerak badan dengan tajam berakibat menurunnya jumlah otot, dan ini berakibat menurunnya suhu tubuh.

Alasan kedua adalah alat pendingin udara (airconditioner). Jaman dulu tidak ada pendingin udara, tapi sekarang 24 jam sehari udara di ruangan diatur. Banyak orang bahkan saat tidurpun menghidupkan pendingin udara, sehingga suhu selalu terjaga dan badan tidak berkeringat. Pusat pengatur suhu badan berada di otak, tetapi oleh karena berbagai jenis stress, pusat pengatur suhu terganggu fungsinya. Berkeringat adalah cara tubuh untuk mengatur suhu badan, tetapi pusat pengatur keringat jadi tidak berfungsi. Inilah yang disebut penyebab sentral. Stress secara langsung mengganggu standar operasi pusat pengatur suhu badan di otak, dan salah satu penyebabnya adalah alat pendingin udara. Ditambah dengan kurangnya gerak badan, hal ini terjadi akibat manusia menjadi hidup di lingkungan dimana suhu tetap.

Alasan ketiga, seperti yang saya tulisan di buku, adalah stress. Jaman dulu juga ada stress, tetapi berbeda karakteristiknya. Khususnya, 10-20 tahun terakhir ini karakteristiknya jelas berbeda dengan stress akibat kurang makanan seperti saat sebelum  dan sesudah perang dunia kedua. Dibandingkan dengan stress untuk bertahan hidup di jaman itu, stress sekarang disebabkan oleh banyak faktor. Ada stress karena masalah ekonomi, stress karena hubungan intrapersonal di tempat kerja, stress karena masalah keluarga. Selain stress yang biasanya terbayang ini, stress yang menurut saya paling penting adalah obat, yaitu obat yang biasa kita minum/makan. Dalam bahasa Jepang obat disebut “kusuri”, yang jika dibaca terbalik menjadi “risuku”, yang artinya resiko (risk). Ini bukan sekedar permainan kata, sebab pada dasarnya semua obat memiliki resiko. Jepang kadang disebut negara adidaya obat saking banyaknya orang Jepang yang memakai obat. Tetapi, memakan/meminum obat memberi stress yang sangat besar terhadap tubuh.

Q: Jadi obat yang kita rasa baik bagi badan lalu makan/minum, sebenarnya menjadi beban (stress)  bagi badan?

A: Misalnya, jaman sekarang saat susah tidur ada yang memakai obat tidur. Lalu, orang yang pergi ke mental clinic karena gejala depresi ringan biasanya diberi obat anti depresi. Dari dua contoh ini saja bisa dipastikan akan muncul efek sampingan, yang bisa dibagi tiga jenis. Efek sampingan pertama adalah anticholinergic effect. Beberapa gejala utama adalah terganggunya pengeluaran air kencing, mata dan mulut mengering, detak jantung menjadi cepat. Ini adalah gejala-gejala yang terjadi saat sympathetic nerve dalam kondisi tegang.

Efek sampingan kedua adalah antiadrenergic effect, dimana tekanan darah turun, dan ini adalah salah satu contoh utama dari gejala suhu tubuh rendah (hypothermia). Susah bangun di pagi hari, rasa pusing, dan leher kaku, atau bisa disebut gejala-gejala malas, seakan-akan “mesin” tidak bisa hidup.

Efek sampingan ketiga adalah antihistaminic effect, yaitu rasa mengantuk dan lemas.

Inilah efek-efek sampingan yang timbul, karena memang obat-obat tersebut adalah obat yang menghasilkan efek tersebut. Orang yang merasa stress lalu minum obat-obatan seperti ini tubuhnya akan menerima stress akibat efek sampingan dari obat anti stress tersebut. Ini yang saya sebut “spiral negatif obat”. Selain ini, ada banyak jenis obat lainnya yang kerap digunakan masyarakat sekarang, sehingga resiko (risuku) akibat obat (kusuri) menjadi faktor yang sangat penting.

A: Jika kekebalan tubuh meningkat, maka minum obat pun tidak perlu ya.

(Bersambung)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kemoterapi adalah racun yang mematikan

Mengenai kemoterapi menurut Hiromi Shinya di buku " The Miracle of Enzyme " (2005): Masalah terbesar adalah obat-obatan menguras sejumlah besar enzim pangkal. Dari seluruh obat-obatan yang ada, yang paling keras adalah obat anti-kanker... Oleh karena obat-obatan kemoterapi adalah racun yang mematikan, saya tidak akan menggunakan kecuali dalam situasi yang benar-benar luar biasa. Contohnya, bahkan jika kanker ditemukan di usus besar di dalam kelenjar getah bening, saya tidak akan menggunakan kemoterapi. Program perawatan saya terdiri dari pertama-tama mengabil bagian yang terserang kanker melalui pembedahan, dan setelah kanker yang terlihat itu diambil, saya mulai menyingkirkan hal yang menurut saya mungkin menyebabkan kanker pada pasien itu. Tentu saja, pertama-tama saya memerintahkan mereka untuk menghindari tembakau (rokok) dan alkohol, dan berhenti total mengonsumsi daging, susu sapi, dan produk-produk dari susu sapi. Sambil menjalani Diet dan Gaya Hidup Kea

Air putih minuman terbaik

Mengenai minum air putih menurut Hiromi Shinya di buku " The Miracle of Enzyme " (2005): Satu “kebiasaan baik” yang saya praktikkan setiap hari adalah meminum sekitar 500ml air setiap satu jam sebelum makan. Sering orang berkata bahwa sebaiknya anda banyak minum air yang baik setiap hari untuk kesehatan. Sama halnya ada waktu yang baik untuk makan, ada pula waktu yang baik untuk minum. Saya yakin, mereka yang menanam sendiri tanaman mereka mengerti akan hal ini. Toh, pengairan yang berlebihan bagi tanaman akan menyebabkan akar membusuk, dan tanaman akan layu dan mati. Seperti halnya ada periode waktu dan banyaknya air yang sesuai untuk menyiram tanaman, hal yang sama juga dapat dikatakan mengenai mengonsumsi air bagi manusia. Tubuh manusia sebagian besar tersusun oleh air. Bayi dan anak-anak kecil terdiri dari kira-kira 80% air, orang dewasa 60-70%, dan manula 50-60%. Bayi memiliki kulit yang tampak segar dan muda karena sel-sel mereka mengandung banyak air. San

Mempelajari bagaimana tidak makan sama pentingnya

Learning How Not to Eat Is As Important As Learning What to Eat Our ancient ancestors often went long periods without food triggering a survival phenomena that activated a powerful category of enzymes I call Newzymes. These Newzymes shredded the defective protein in their cells and through a process called apoptosis recycled the waste protein into new good protein capable of repairing the cells of the body’s vital organs. Thus our ancestors could go for a long period of time without food and not only survive but also clean out the bad protein in their cells. Our body today still has that efficient “Recycling System” which is part of our “Innate Immune System.” Our innate immune system is our oldest immune function but we are just now coming to understand it and how to work with it to protect our health. Two Noble prizes were awarded in the last few years for helping to identify this process. That is why I am saying we are at the beginning of a “Health Revolution.” This H